Langsung ke konten utama

Awal Seleksi Menuju Test Event Asian Games

Menjadi Seorang Sukarelawan atau yang sangat beken di katakan adalah menjadi Volunteer itu merupakan keinginan saya sejak saya memutuskan mengundurkan diri dari RSCM beberapa waktu yang lalu, berawal mengikuti Kelas Inspirasi Jakarta sangat tertantang untuk mengikuti kegiatan Volunteer lainnya pada tahun 2017 saya mengikuti beberapa kegiatan Kelas Inspirasi di beberapa wilayah hingga sampai mengikuti di wilayah Sumatera ( Padang dan Jambi). setelah saya mengikuti kegiatan tersebut saya pun juga mengikuti kegiatan Sport Volunteer yaitu Jakarta Marathon 2017, setelah sukses mengikuti kegiatan tersebut saya membuka sebuah sosial Media ( Instagram) bahwa dibukalah Open Recuirtment untuk Volunteer Invitation Tournament 18th Asian Games 2018.

Awalnya saya sangat ragu sekali karena sangat khawatir takut HOAX dan yang saya takuti adalah menurut yang saya ketahui adalah Asian Games merupakan acara Sport Multi Event terbesar kedua setelah Olimpiade akhirnya tanpa berfikir panjang dengan modal nekat dan percaya diri saya mulai membuka link tersebut dan ternyata ke khawatiran saya yang pertama hilang karena tidak HOAX :D dan tinggal menghadapi ketakutan yang kedua yanitu lolos atau tidak saya untuk kegiatan ini. 
Pada Form tersebut tertulis dalam bahasa Inggris semua, dan tanpa adanya sedikit hambatan saat pengisian formulir tersebut dan di dalam form tersebut kita boleh memilih Departement apa yang harus kita Apply ada Protocol Assistant, NOC Assistant dan LO ( Laison Officer). sebelum memulai semuanya saya harus membaca terlebih dahulu Jobdesk masing-masing tugas termasuk persyaratannya juga.  tanpa berfikir panjang akhirnya saya langsung memilih menjadi NOC Assistant karena saya sadar bahasa Dutch,Spain serta Germany tidak termasuk Asian Language, awalnya saya ingin Apply Protocol Assistant namun saya tidak bisa menguasai bahasa Mandarin, Jepang ( Baru A2) dan lain-lain. 

akhirnya seluruh Form telah saya isi mengingat waktu deadline tinggal hitungan hari lagi dan sambil berdoa saja karena tidak ada yang tidak mungkin, selagi menunggu pengumuman saya akhirnya memutuskan untuk mengikuti kegiatan KIJP ( Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau) dimana sudah terlebih dahulu saya di terima dan di tempatkan di Pulau Pramuka serta RuBI ( Ruang Untuk Berbagi Ilmu) di Pulau Kisar Maluku Barat Daya. 
Untuk masalah Education Volunteer saya sudah sangat expert karena background saya walaupun dari perawat saya sangat mencintai pendidikan, selain itu juga saya sebagai Founder Organisasi yang berfokus dengan Pendidikan juga. 

akhirnya pada Awal Bulan November saya mendapatkan notifikasi bahwa saya berkesempatan untuk mengikuti rangkaian test yang akan di laksanakan dalam waktu dekat, sambil menunggu waktu saya berusaha mencari informasi terkait Asian Games serta soal Psikotest walaupun sudah beberapa kali saya mengikuti test tersebut baik untuk masuk kuliah dulu hingga masuk kerja. dan juga sambil menonton video saat opening dan closing Ceremony 4 Tahun yang lalu di Incheon sambil berhalusinasi apabila nanti pada bulan Agustus saya di Gelora Bung Karno. 

hari yang di tunggu telah tiba, saatnya bersiap berangkat menuju LPPI untuk mengikuti rangkaian seleksi ( Psikotest, FGD dan Wawancara). dan test pertama di awali dengan Psikotest yang telah di buat otak saya keriting karena ada sebanyank 150 soal di lanjutkan dengan Focus Grup Discussion yang disinilah di nilai dari sisi kepercayaan diri si pelamar tersebut dan ke aktifan dalam mengemukakan pendapat. dan di berikan waktu istirahat untuk persiapan wawancara per individu.  akhirnya nama saya di panggil untuk masuk kedalam ruangan dengan sikap kepercayaan diri saya sendiri saya menjawab sangat apa adanya dan sesuai yang di tanyakan. dan setelah itu ada kalimat yang saya ingat adalah " di antara satu kelompok ini kamu paling tertinggi nilainya ada tawaran kalau disuruh masuk Protocol Assistant bersedia tidak ? sayapun menjawab apapun posisinya nanti saya terima dengan lapang dada, lalu setelah saya bilang seperti itu langsung berjabat tangan dan sang pewawancara mengucapkan " Congratulation, ini yang kita cari" mendengar seperti itu saya sangat senang tapi saya belum puas diri karena harus menunggu email selanjutnya apakah saya terpilih untuk mengikuti training pertama.

Benar yang di katakan sang interviewer bahwa saya layak untuk mengikuti training awal tentang komunikasi,transportasi, etiket dan lain-lain. disinilah mulai bertemu dengan teman-teman baru dimana mereka dari berbagai wilayah ada yang dari Singapura yang merelakan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini. dan ada juga dari Tuan Rumah kedua Palembang yang turut ikut juga mengikuti ini. didalam kelas ini sangat pecah karena seru dan kocak dari berbagai macam pemateri tidak ada yang membuat kami semua bosan. setelah pemberian materi selesai kami di berikan sebuah buku kecil yang harus di tanda-tangani sebelum itu kami harus membacanya terlebih dahulu sebelum benar-benar menandatangani tersebut dan setelah mantap dan karena saya juga sudah berpengalaman bidang kerelawanan akhirnya saya menandatangi buku tersebut dan di kumpulkan. dan ada pengumuman tambahan akan di adakan training kedua yang akan di adakan belum waktunya dan nantinya sudah sesuai dengan departement yang kita apply saat awal.

saat mengikuti GT 1 di LPPI
saat pelatihan GT 2 saya dapatkan ketika saya sedang di luar kota karena harus menjadi pembicara di Yogyakarta, namun ada tentative time 3 hari akhirnya saya datang langsung dari Jogja tanpa adanya istirahat full dan sudah di buat per kelompok sesuai divisi yang saya daftarkan. dan akhirnya kita mengikuti seluruh rangkaian materi tentang Olimpiade, sejarah Asian Games, penjelasan Jobdesk terutama NOC Assistants
( maaf tidak ada dokumentasi dengan kegiatan ini)
dan setelah training ini mulailah saya mulai panik dan pasrah karena setelah GT 2 saya belum mendapatkan kabar selanjutnya...

TO BE Continued

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Job Spesific Training Moment

lanjutan cerita yang pertama... Setelah sekian lama menunggu akhirnya handphone saya berbunyi dan ternyata tiba-tiba saya di invite di salah satu grup yaitu NOC IR, yang saya bingung adalah siapakah adminnya ?? ternyata adminnya adalah salah satu dari tim Inasgoc, akhirnya mengabarkan bahwa yang di invite pada grup tersebut yang telah layak untuk mengikuti JST ( Job Spesific Training) untuk PA, Pro ATT dan NOC Assistant. Betapa senangnya hati saya ini, karena ini merupakan penantian yang di tunguu-tunggu akhirnya terjawab juga. ( maaf lebay dikit) :D  akhirnya kamipun langsung berkenalan satu sama lain, ada beberapa yang sudah saya kenal saat test pertama, GT 1 & 2 namun harus mengingat kembali namanya karena wajar saja orang mudah lupaan hahaha :D akhirnya setelah berkenalan, datanglah sebuah pengumuman bahwa kegiatan JST untuk tim IR&P departement akan dilaksanakan di hotel Grandhika, Jakarta Selatan. semua telah di jelaskan dari dresscode, waktu hadir dan lain

Belajar Bahasa Spanyol bareng Gue #Eps.01

Hola Amigos!! Halo Semuanya .. Sesuai dengan janji gue kemarin gue bakalan bahas sesuatu di Channel Apa Itu ?? #Belajar Bahasa Spanyol Bareng Gue #Episode 1 Nah pada #Episode 1 kali ini akan membahas materi tentang Pengenalan Diri,  Tata Krama ( Manners) serta pengucapan waktu pagi/siang/sore/malam sekaligus ini juga pertama kalinya mencoba mengaplikasikan bahasa spanyol dan kali ini bakal di bahas dalam Bahasa Indonesia  .. Yuk simak sampai habis yaa guys semoga bermanfaat yaa dan bisa di terapkan di rumah

One Step Closer to Be a Part of History

Taraaa..... welcome to 2018 guys... akhirnya satu langkah lagi menuju bagian dalam sejarah lohh hehehe :D, dan kali ini saya akan menceritakan paska JST di Grandhika waktu itu  setelah sekian bulan akhirnya saya di invite ke grup whatsapp IR & Protocol Departement, jujur ini benar2 senang banget loh karena baru pertama kali tergabung menjadi bagian IR, walaupun berpengalaman expert dalam hal ber organisasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri saya jarang mendapatkan posisi IR ( sambil nangis bahagia, tisu mana tisu wkwkwk). di dalam grup tersebut awalnya saya tidak menyadari bahwa ada Head dari masing2 departement ( Mas Nauval, Mas Marcell, Mas Idris, Pak Idzhar, dan adminnya adalah Hotline Volunteer "hingga saat ini masih misterius siapakah dia??" wkwkwk). akhirnya setelah sekian lama paska JST kita semua di kumpulkan dan grup besar dan sampai2 membuat grup khusus Volunteer saja ( nama2nya beraneka ragam dan ganti2).  setelah kita berpindah a